Selasa, 15 Juni 2010

Menghargai Kehidupan

Cinta dan kasih sayang merupakan sifat dasar dan alami dari setiap manusia. Setiap orang menginginkan untuk di kasihi dan mengasihi. Tanpa cinta dan kasih kehidupan ini tidak mempunyai arti apa-apa.
Orang tua kita membesarkan, mengasuh dan merawat kita tanpa pamrih. Mengapa demikian ?, karena cinta dan kasihnya terhadap kita. Sifat alami dari Cinta pada dasarnya memiliki makna menghargai kehidupan. Kehidupan kita dan semua orang itu penting. Siapapun mereka, apa pun pekerjaan mereka, seberapa banyak uang yang mereka, seberapa tinggi jabatan mereka, itu semua tidak penting, dan kehidupan mereka lah yang lebih penting. Mengapa ? Baik.., sekarang anda bayangkan bahwa anda sendirian di dunia ini, tanyalah kepada diri anda apakah anda bisa bahagia hidup sendiran di dunia ini ?.
Lalu bayangkan lagi, kalau seandainya di dunia ini semua orang adalah orang kaya, memiliki banyak uang, emas, dan berlian. Bertanyalah pada diri anda siapa yang akan membersihkan rumah anda, siapa yang akan mencuci pakaian untuk anda, siapa yang akan menjaga kantor anda ?.
Jika kita bisa memahami makna ini secara mendalam, anda akan menjadi orang yang mampu untuk lebih bertoleransi dengan orang, menghargai dan menghormati keberadaan orang lain. Anda akan bisa melepaskan sikap egois yang melekat pada diri kita.
Cinta akan mendorong kita untuk merelakan dengan memberi dan bermurah hati. Anda dan orang lain, tidaklah berbeda. Kita semua saling terhubung dan ada kesaling-tergantungan. Kalau anda memahami makna menghargai kehidupan, anda akan mengerti mengapa keberadaan orang lain itu penting, karena keberadaan orang lain inilah bertujuan untuk membantu anda, saya dan semua orang untuk mencapai kebahagian. Bila anda rela untuk memberikan sesuatu yang anda miliki, misalkan anda memberi sebagian makanan yang anda miliki untuk orang lain, tentu akan ada orang lain lagi yang berbagi dengan anda dengan membagikan apa yang mereka miliki. Kalau anda tidak mau berbagi dengan orang lain, tentu juga akan ada orang lain yang tidak mau berbagi kepada anda.
Dalam kehidupan sehari-hari, baik di dalam hubungan pekerjaan anda, dan dalam hubungan di masyarakat, orang semakin mengedepankan sikap egois, dan kurang dalam hal berbagi.
Jika kita mau mengamati lebih mendalam, bahwa bila anda mempraktekkan kerelaan, memberi dan bermurah hati ini, sebetulnya anda akan lebih banyak mendapatkan manfaatnya dari pada kerugiannya. Anda bukan menjadi orang yang lemah, tetapi anda akan menjadi orang yang lebih kuat , di hormati dan di hargai.
Jika anda seorang pemimpin, pendidik, pemilik usaha, orang tua yang menghadapi banyak orang untuk anda urus. Hargailah kehidupan mereka, bantulah mereka, berikan bimbingan yang positif, perlakukan mereka dengan baik dan bermurah hatilah terhadap mereka. Dan pada akhirnya anda akan mendapatan balasan yang setimpal.
Kalau anda ingin bahagia, berikan kebahagiaan ke pada orang lain. Kalau anda ingin hidup tenang, berikan suasana ketenangan kepada orang lain. Kalau anda ingin sukses, bantulah orang lain untuk sukses. Inilah rahasia kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar